Artikel

Simulasi ujian nasional berbasis komputer (UNBK) 2018

30 Januari 2018 / Posted by Ade Suryadi / Dilihat 3781 kali


Bumiayu – Pelaksanaan UNBK 2018 perlu adanya persiapan yang matang baik dari sarana dan prasarana sekolah serta butuh pelatihan khusus supaya semua peserta dapat mengikuti dengan baik dan lancar. Kegiatan ujian yang umumnya dilaksanakan dengan sistem tertulis menggunakan kertas dan pensil mungkin akan menjadi hambatan ketika sistem ujian berubah menggunakan komputer. Adaptasi terhadap sistem UNBK sangat perlu dilakukan secara terus menerus agar peserta tidak merasa bingung dalam mengoperasikan sistem. SMK muhammadiyah Bumiayu mengadakan beberapa tahap simulasi terhadap peserta baik dari program studi Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Audio Video(TAV) dan Tata Niaga(TN) yang diharapkan mampu mengikuti ujian nasional berbasis komputer sesuai aturan yang berlaku.


Ujian nasional merupakan salah satu bentuk dari kegiatan evaluasi pendidikan yang berupa evaluasi hasil belajar siswa selama menempuh pembelajaran disekolah. Pengukuran dan penilaian pencapaian standar kompetensi pada mata pelajaran tertentu secara nasional diterapkan oleh pemerintah. Ujian nasional juga dijadikan sebagai alat evaluasi pendidikan untuk pemetaan masalah mutu pendidikan dalam rangka menyusun kebijakan pendidikan nasional secara global.


Tahun 2018 merupakan tahun ke-2 SMK Muhammadiyah Bumiayu mengadakan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Evaluasi tahun sebelumnya akan meningkatkan layanan yang diberikan oleh pihak sekolah baik panitia, guru dan seluruh staff yang terlibat demi berjalannya ujian nasional ini. Peningkatan yang diharapkan adalah seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan serta tidak terdapat kendala dalam pelaksanaannya.
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).


Mengenai persyaratan kelayakan penyelenggaraan UN berbasis komputer di sekolah yang dijadikan dasar untuk kriteria kelayakan diukur dari beberapa aspek. Diantaranya meliputi ketersediaan infrastruktur, guru dan teknisi yang berkompeten, serta kesiapan mental dari peserta ujian. Ujian Nasional merupakan hal yang dikhawatirkan oleh siswa kelas XII dikarenakan Nilai yang didapat pada Ujian Nasional akan menjadi pertimbangan kelulusan siswa tersebut. SMK Muhammadiyah Bumiayu telah melakukan berbagai macam persipakan diantaranya simulasi ujian, try out dan membuka jam tambahan untuk mematangkan persiapan khususnya terhadap materi-materi yang diujikan.


Seluruh guru SMK Muhammadiyah Bumiayu berharap kepada siswa kelas XII yang akan mengikuti ujian Nasional untuk fokus, terus belajar, menjaga perilaku dan selalu berdoa kepada Allah SWT agar dimudahkan dan dilancarkan dalam menjalani ujian nasional. (Admin)



Ade Suryadi

Ade Suryadi

Jangan menyerah ! impian tidak mudah untuk dicapai. Belajar dan terus berusaha sampai Tuhan menentukan hasilnya. Jangan batasi impianmu.


Tinggalkan Komentar

Terimakasih atas dukungannya